Lebaran? Jangan Lupa Jaga Pola Makan Anda

20 September 2009

JAKARTA, KOMPAS.com — Dari delapan departemen di Unit Gawat Darurat Rumah Sakit Cipto Mangkusumo (UGD-RSCM), biasanya departemen penyakit dalamlah yang paling sibuk saat memasuki H+2 Lebaran. Pasalnya, para penderita penyakit kronik tidak menjaga pola makannya saat merayakan Idul Fitri.

Demikian diungkap dr Gurmeet Singh, kepala jaga departemen penyakit dalam UGD-RSCM. "Hari ini sepi tapi besok biasanya kembali seperti biasa," katanya di ruang kerjanya, Minggu (20/9).

Penyakit kronik adalah penyakit yang tidak bisa disembuhkan, tetapi hanya bisa dikontrol. Yakni dengan mengontrol pola makan dan pola hidup yang bersangkutan. Yang termasuk jenis penyakit ini adalah kencing manis, ginjal, dan jantung. "Di saat Lebaran biasanya mereka merayakan kemenangan tapi tidak terkontrol. Seharusnya mereka kan membatasi konsumsi gula, air putih atau daging-daging yang berkolesterol tinggi," papar Singh.

Hari ini, ia melanjutkan, pasiennya hanya dua orang. Namun, besok diperkirakan akan kembali normal, yakni bisa mencapai 50-60 orang. Artinya ada 30-40 pasien yang stagnan, yang dirawat di selasar karena tidak kebagian kamar. "Untuk itu, kita berharap walaupun hari kemenangan, tolong jaga diri, jaga makannya. Jangan sampai besok 'mendarat' di sini," ujar Singh.

Sumber: KOMPAS

6 komentar:

Unknown said...

Selamat Iduk Fitri 1430 H. Minal ‘Aidin Walfaizin Mohon Maaf Lahir dan Batin yaa...
Ini menunjukkan masi kurangnnya kesadaran masyarakat untuk disiplin hidup sehat sehingga tidak terkontrol untuk menjaga pola makan. Apalagi disaat lebaran mulai dari jenis makanan ringan hingga kelas berat tersedia di setiap rumah.

evatrisnawati said...

emang susah kalo lebaran gini kita mengontrol pola makan kita, habisnya banyak makan enak dan banyak org kasih makanan atau kue ke kita sih.

Makanya jangan salahkan makanannya tapi salahkan diri kita yang kurang bisa menjaga pola hidup sehat sejak dini.

Unknown said...

Lebaran adalah hari kemenangan, pestanya umat muslim seluruh dunia. Ada pesta pasti ada makanan dan minuman. Maka wajar apabila kita larut dengan pesta tersebut termasuk menikmati seluruh hidangan yang ada.

Yang penting makan ketupat OK kesehatan juga OK!!!

Sehat itu mahal harganya, kalau tidak ingin masuk rumah sakit ya harus bisa menahan dan menjaga pola makan mulai dari yang manis-manis hingga yang berkolestor tinggi.

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya...
Untuk berkomentar, ketik di sini, nanti akan kami moderasi komentar Anda.

 
 
 
 
Copyright © MF Nurhuda Y