H1N1 pada Babi Kanada = H1N1 yang Menular Sekarang

18 May 2009

OTTAWA, KOMPAS.com - Virus flu babi H1N1 yang ditemukan pada babi yang terinfeksi di satu peternakan Kanada sama dengan virus yang menimbulkan penyakit pada manusia di seluruh dunia, demikian konfirmasi beberapa ilmuwan Kanada. Para ilmuwan dari National Center for Foreign Animal Disease (NCFAD), Canadian Food Inspection Agency (CFIA), telah memetakan rangkaian genetika penuh virus yang ditemukan pada babi dari Alberta dan mengkonfirmasi bahwa virus pada babi yang terinfeksi itu sama dengan yang ditemukan pada manusia, kata CFIA dalam siara pers di laman Internetnya, penghujung pekan lalu.

Sebagian dari 2.300 babi di peternakan tersebut didapati terinfeksi virus baru pada awal Mei. Virus itu diduga menular dari seorang pekerja yang baru kembali dari Mexico.

Saat para ilmuwan sedang berusaha menyelidiki virus baru itu, perkembangan tersebut akan membantu para ilmuwan di seluruh dunia untuk lebih memahami virus itu dan dampaknya pada hewan, kata CFIA.

Para peneliti kini memusatkan perhatian pada cara virus flu babi H1N1 mempengaruhi hewan tersebut.

Kendati studi lebih lanjut diperlukan, penelitian awal menunjukkan bahwa hewan yang terinfeksi jatuh sakit dan pulih secara alamiah, sama seperti kondisi mereka jika terpajan (exposed) terhadap virus influensa yang umum ditemukan pada ternak babi di tingkat global, kata lembaga tersebut.

Penelitian yang sedang dilakukan oleh CFIA meneliti apakah hewan lain mudah terserang virus itu atau tidak. Informasi tersebut mungkin dimanfaatkan guna menyaring tindakan pemantauan dan pencegahan penyakit.

Berbagai studi juga sedang dilakukan guna menilai keefektifan vaksin saat ini, dan mengembangkan metode diagnosis yang lebih baik dan lebih cepat.

Sumber: KOMPAS

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya...
Untuk berkomentar, ketik di sini, nanti akan kami moderasi komentar Anda.

 
 
 
 
Copyright © MF Nurhuda Y