Haaah... 1.000 Orang Terinfeksi HIV/AIDS di Tangerang

15 June 2009

TANGERANG, KOMPAS.com — Sebanyak 1.000 orang dari segala usia di Kabupaten Tangerang, Banten, terbukti positif terinfeksi virus mematikan HIV/AIDS. "Tahun ini, sebanyak 800 orang terbukti positif terinfeksi HIV dan 200 orang AIDS, mereka tersebar di beberapa kecamatan," ucap Kepala Bidang Pemberantasan Pencegahan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tangerang dr Yully Soenar Dewanti di Tangerang, Minggu (14/6).

Ia mengatakan, sekitar 755 penderita HIV/AIDS berada di daerah pinggiran kota. Ia menambahkan, ada banyak penyebab tingginya kasus HIV/AIDS di daerah ini. "Seorang ibu yang sudah terkena virus akan menulari anaknya dari transfusi darah, jarum suntik, selain itu virus ini juga diakibatkan dari hubungan seks," akunya.

Ia mengaku, awal tahun 2009 terdapat sembilan bocah yang sudah tertular virus mematikan itu. "Darah dari ibu penderita AIDS akan berpotensi menulari bayi saat ibunya menjalani persalinan," katanya.

Ia mengungkapkan, dinkes selalu berusaha untuk memutuskan mata rantai penularan AIDS kepada penderita. "Kita juga mengingatkan masyarakat untuk tidak membuat stigma atau diskriminasi terhadap penderita AIDS, tetapi secara bersama menanggulanginya," ucap dr Yully.

Sumber: KOMPAS

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya...
Untuk berkomentar, ketik di sini, nanti akan kami moderasi komentar Anda.

 
 
 
 
Copyright © MF Nurhuda Y