PT Askes Siap Laksanakan SJSN

03 November 2009

JAKARTA, KOMPAS.com -Direktur Utama PT Askes , I Gede Subawa I Gede mengatakan, PT Askes siap secara menyeluruh untuk menjadi pelaksana Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) dan menunggu keputusan pemerintah.

"Status badan PT Askes nantinya, diserahkan sepenuhnya ke pemerintah. Sudah ada diskusi. Sebagai tenaga profesional bagi kami yang terpenting bagaimana program bisa terlaksana," ujarnya.

PT Askes sudah mulai menyesuaikan diri. Dalam Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga, dengan persetujuan pemerintah selaku pemegang saham, PT Askes telah berubah sebagai organisasi yang bersifat nirlaba sekalipun bentuknya PT. Sejak tahun 2007, pemerintah juga tidak lagi menarik deviden.

Selain itu, telah berdiri pula anak perusahaan PT Askes yang mengelola asuransi komersial secara terpisah yakni Indonesia Health Insurance (InHealth). Biaya operasional PT Askes sendiri selama ini dari hasil pemupukan investasi selama berpuluh tahun.

I Gede mengatakan, pemerintah perlu segera menetapkan benefit yang diberikan kepada masyarakat lewat asuransi kesehatan secara nasional nantinya dan besaran premi agar program bisa segera dilaksanakan dengan cepat.

Direktur Operasional PT Askes (Persero) Umbu Marambadjaya Marisi mengatakan, PT Askes menggunakan model Managed Care yang memberikan proteksi atas risiko finansial akibat sakit secara menyeluruh dengan pelayanan kesehatan berjenjang. Mulai tahun 2010, PT Askes akan memperkuat peranan dokter keluarga sebagai pemberi pelayanan pada jenjang pertama.

Sumber: KOMPAS

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya...
Untuk berkomentar, ketik di sini, nanti akan kami moderasi komentar Anda.

 
 
 
 
Copyright © MF Nurhuda Y