Kebenaran dan Pembenaran

29 January 2016

Ketika saya melakukan perjalanan dari Kupang menuju Pulau Komodo di Labuhanbajo NTT -juga sempat transit di Ende Flores Tengah- saya iseng membaca artikel di majalah yang disediakan maskapai Wings Air yang saya tumpangi. Judulnya: Kebenaran dan Pembenaran.

Di situ diceritakan seorang pemuda desa bersedia membeli mikroskop setelah penjual memperlihatkan fakta bahwa mikroskop mampu melihat detil keindahan serat-serat kelopak bunga dan melihat detil sinar berlian.

Tp pemuda itu kecewa ketika nyampe rumah mikroskop itu dipakai untuk melihat sambal yang biasa dia nikmati sebagai pelengkap setiap sarapan. Pemuda itu melihat ternyata sambal itu penuh dengan cacing sangat kecil yang bergerak di sambal itu. Hingga akhirnya dia marah dan membanting mikroskop tersebut. Dia memilih untuk tetap menikmati sambal tiap kali makan pagi.

Kebenaran ketika dicari, dan yang ditemukan sesuai dengan yang diinginkan maka ia menjadi pembenar. Namun sebaliknya jika kebenaran yang baru didapat tidak sesuai yang diinginkan, ia tidak bisa menjadi pembenar. Malah sebaliknya, si pencari menyalahkan kebenaran baru seperti sikap pemuda itu. Padahal sambal itu suatu saat bisa menjadi penyakit jika dikonsumsi terus.

Seharusnya pemuda itu mendialogkan terlebih dahulu temuan terbarunya agar bisa mengambil sikap yang lebih bijak. Sehingga tidak menghakimi secara sepihak terhadap temuan kebenaran barunya.

Refleksi ini bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Bahwa setiap kebenaran belum dapat dikatakan sungguh-sungguh benar jika ia masih menggunakan perspektifnya sendiri dalam melihat kebenaran. Dia harus mampu membuka diri untuk melakukan dialog agar mampu mengambil sikap secara bijak.

Sekedar coretan singkat untuk mengisi waktu sebelum mendarat di Bandara Komodo, Labuhanbajo NTT.

4 komentar:

Unknown said...

I'd have to check with you here. Which is not something I usually do! I enjoy reading a post that will make people think. Also, thanks for allowing me to comment!
kinda appreciated the article that you published . it really isnt that simple to discover even remotely good stuff toactually read (you know READ and not just browsing through it like some uniterested and flesh eating zombie before moving on), so cheers mate for really not wasting my time on the god forsaken internet.
An interesting post right there mate . Thanks for the post !
love-binding-spell-caster

Admin said...

giving up though. I recently started a blog where I plan to document my steps for starting my company. I figured it would keep me motivated and force me to keep at it. I also hope it will motivate the readers to keep trying to accomplish their goals. By the way, I love your site. I'll be adding it to my list of interesting blogs.
British original art

Hina said...

Definitely appreciate you discussing this article. Great!!
Stow it! Suddenly the number of soared as high as you can count.
Wow, this is very interesting to read. Have you ever considered submitting articles to magazines?
shopbymark

berlin said...

ting this, it was quite helpful and helped me quite a bit
Hello. Great job. I did not expect this this week. This is a great story. Thanks!
I just added this web page to my bookmarks. I really like reading your posts. Thank you!
Great stuff.Id lshopbymark

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya...
Untuk berkomentar, ketik di sini, nanti akan kami moderasi komentar Anda.

 
 
 
 
Copyright © MF Nurhuda Y